Festival Aoi Matsuri

Wisata Musim Semi di Jepang, Jangan Lupa Saksikan Festival Berikut
Musim semi yakni dikala yang ideal untuk mengunjungi Jepang. Kecuali panorama alamnya yang kian cantik sebab dihiasai bunga-bunga sakura, terdapat juga banyak festival menarik yang sayang untuk dilewatkan seperti festival-festival berikut ini.

Aoi Matsuri

Aoi Matsuri atau Festival Aoi yakni salah satu festival musim semi di Jepang yang diselenggarakan di Kyoto tiap-tiap tanggal 15 Mei. Aoi sendiri merupakan nama sebuah daun besar berwarna cemerlang yang diterapkan di festival hal yang demikian. Dikala Aoi Matsuri, sekitar 500 orang penduduk Kyoto akan menerapkan kostum tradisional jangka waktu Heian dan berpawai mengitari jalur. Rute pawainya sendiri diawali dari Istana Kyoto, Kuil Shimogamo, dan usai di Kuil Kamigamo.

Aoi Matsuri merupakan sebuah festival tahunan Kuil Shimogamo dan Kuil Kamigamo, Kyoto yang diselenggarakan tiap-tiap tanggal 15 Mei. Festival ini menjadi salah satu dari 3 festival terbesar yang mewakili Kyoto bersama dengan Gion Matsuri pada bulan Juli dan Jidai Matsuri pada bulan Oktober.

Tenaga tarik utama dari festival ini merupakan iring-iringan besar yang disebut ”Roto no Gi”. Dikala festival, lebih dari 500 orang berjalan kaki di jalur Kyoto dengan mengenakan baju keluarga ningrat zaman Heian yang berlangsung antara 800-1.200 tahun yang lalu. Festival ini disebut dengan Aoi Matsuri sebab semua peserta, perlengkapan, serta hewan yang ikut serta dalam iring-iringan dihiasi dengan daun futaba aoi (※1) yang yakni simbol dari Kuil Shimogamo dan Kamigamo. Kecuali itu, tak ada yatai (※2) seperti yang lazim diterapkan dalam festival Jepang pada lazimnya.

Dalam iring-iringan juga ada barisan yang membawa alat musik zaman Heian yang akan dimainkan di depan kuil dan kendaraan yang ditarik sapi sehingga membikin para penonton serasa kembali ke Jepang di zaman Heian. Festival ini menghidupkan kembali kultur keluarga ningrat zaman kuno. Dalam tulisan kali MATCHA akan mempersembahkan jadwal cara kerja festival, jalan masuk, dan energi tarik Aoi Matsuri.

※1: Futaba Aoi (Asarum caulescens Maxim)…. tanaman tahunan yang tumbuh di bawah naungan pohon di dalam pegunungan Jepang. Ciri khasnya merupakan daun yang berbentuk hati. Daun ini diterapkan sebagai lambang Kuil Shimogamo dan Kamigamo.

※2: Yatai…. benda seperti kereta besar yang umumnya dipanggul para pria dalam festival di Jepang. Penyebutannya berbeda menurut daerahnya, dapat disebut juga dengan hikiyama, dashi, atau danjiri.

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.